Apakah Premi Asuransi Jiwa Harus Mahal?

Apakah Premi Asuransi Jiwa Harus Mahal?

Dewasa ini, kesadaran akan pentingnya asuransi jiwa sebagai proteksi untuk keluarga semakin tinggi. Hal ini dibuktikan dengan pertumbuhan perusahaan asuransi yang semakin pesat di Indonesia. Walau demikian masih banyak keluarga yang mengesampingkan asuransi jiwa karena premi asuransi jiwa yang cukup tinggi. Banyak keluarga yang menilai, bahwa kebutuhan sehari-hari mereka sudah cukup besar tanpa asuransi, dan asuransi hanya menambah beban saja. Padahal tidak demikian, jika kelurga memahami betul pentingnya asuransi jiwa sebagai proteksi untuk keluarga di kemudian hari.

Sebelum membahas lebih jauh tentang premi asuransi jiwa, ada baiknya memahami lebih dahulu apa itu premi dan asuransi jiwa. Asuransi jiwa adalah jaminan atas kerugian finansial yang mungkin terjadi dikarenakan meninggal dunia terlalu dini atau hidup yang terlalu lama. Sedangkan premi adalah sejumlah uang yang dibayarkan pemegang polis kepada perusahaan asuransi sebagai kewajiban atas asuransi yang digunakan.

Besarnya jumlah premi dapat ditentukan oleh pemegang polis sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangannya, namun tidak lebih kecil dari batas minimum premi yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Nah, perhatikanlah beberapa hal berikut untuk mendapatkan premi asuransi jiwa yang cukup terjangkau.

  • Pilihlah asuransi jiwa berjangka atau term life

Asuransi jiwa berjangka dinilai paling baik, karena memiliki premi yang murah dan nilai pertanggungan yang cukup besar. Hal ini karena, asuransi jiwa berjangka tidak memiliki fungsi investasi, maka premilah yang kemudian diproteksi oleh perusahaan.

  • Mulai sekarang

Banyak orang yang mengatakan asuransi jiwa sebaiknya dimulai dari usia lanjut. Hal ini salah, bahkan salah besar, karena usia dapat mempengaruhi jumlah premi yang harus dibayar. Semakin lanjut usia anda, maka semakin besar pula premi yang harus anda bayarkan. Bukan hanya itu, kematian adalah sesuatu yang pasti yang dapat menimpa siapapun di usia belia atau pun lanjut, karenanya penting memiliki proteksi sedari muda.  

 

Butuh Dana Cepat Cair & Aman? CekAja Disini!

  • Jangan mengambil asuransi tambahan (rider)

Sebagian besar prososal asuransi yang diajukan agen memiliki banyak asuransi tambahan atau rider, karenanya jumlah premi melonjak. Saat melihat jumlah premi yang besar, anda sebaiknya meminta agen untuk mengurangi rider agar jumlah premi yang anda bayarkan lebih murah.

  • Hidup lebih sehat

Penting bagi anda untuk mengedepankan gaya hidup sehat mulai sekarang. Hal ini dikarenakan asuransi jiwa akan mengenakan biaya tambahan untuk anda yang telah memiliki penyakit tertentu. Jika semula premi asuransi anda perbulannya adalah 400.000 ribu, anda dapat dikenakan premi hingga 700.000 atau lebih karena memiliki penyakit.

  • Hindari menggunakan asuransi jiwa seumur hidup

Asuransi jiwa seumur hidup dapat dikatakan sebagai pemborosan, karena sebagian besar pemegang polis hanya membutuhkan proteksi untuk keluarga hingga usia 70 tahun. Yaitu perlindungan dari kematian dini yang membuat keluarga kehilangan sumber pencaharian. Sedangkan di usia anda ke 70 tahun, anak-anak anda kemungkinan besar telah mandiri dan memiliki pekerjaan, dan sudah tidak memerlukan perlindungan. Sedangkan uang pension anda sudah cukup untuk membiayai kehidupan anda di masa tua.

Demikian penjelasan singkat tentang premi asuransi jiwa. Anda bisa mengunjungi https://www.cekaja.com/asuransi-jiwa jika membutuhkan informasi lebih lanjut tentang asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan anda.

Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *