Bagaimana Menjelaskan Jeda Waktu Menganggur saat Wawancara Kerja?

Bagaimana Menjelaskan Jeda Waktu Menganggur saat Wawancara Kerja?

Ketika Anda menganggur, Anda tentu ingin segera mendapatkan pekerjaan. Rencana negara akan mewujudkan kartu pra kerja untuk membantu menuntaskan masalah pengangguran. Gagasan tentang kartu tersebut jelas menjadi salah satu harapan baru bagi para Anda yang sedang menganggur. Selain itu, Anda juga harus terus berusaha mendapatkan pekerjaan yang Anda butuhkan secara mandiri.

Masalah lain muncul ketika Anda akan menghadapi wawancara kerja. Kemungkinan besar Anda akan kesulitan menjelaskan tentang jeda waktu menganggur kepada pewawancara kerja. Jangan resah dahulu dengan hal tersebut. Anda dapat menjelaskannya dengan beberapa cara berikut ini:

Menekuni Pekerjaan Freelance

Pekerjaan freelance bukanlah hal yang memalukan untuk diceritakan. Justru Anda patut bangga bila bisa mengisi masa menganggur dengan pekerjaan freelance. Bila Anda sempat menekuni pekerjaan freelance, berarti Anda pernah mengasah kemampuan kerja dan mahir mengatur waktu. Hal-hal tersebut akan menjadi nilai tambah bagi Anda di mata pewawancara.

Butuh Pinjaman Dana Tunai Cepat dan Aman? CekAja Disini!

Merintis Bisnis Kecil-kecilan

Bisnis sekecil apa pun juga bisa dijelaskan sebagai bagian dari cara Anda mengisi masa menganggur. Kemungkinan besar pewawancara akan bertanya lebih detail tentang bisnis Anda. Jadi, pastikan bahwa Anda tidak sedang berbohong. Jangan lupa pula menyatakan alasan yang membuat Anda ingin kembali ke dunia kerja ketimbang berbisnis.

Memperkaya Diri dengan Kemampuan Baru

Masa menganggur juga bisa diisi dengan aktivitas yang memperkaya kemampuan Anda. Misalnya, Anda bisa mengikuti kursus, mempelajari keahlian baru melalui internet, atau melakukan hal-hal bermanfaat lainnya. Alangkah lebih baik lagi kalau Anda sempat mendapatkan sertifikat atau bukti lain yang menunjukkan tentang perkembangan masa belajar Anda. Lampirkanlah fotokopi sertifikat dan sejumlah bukti lainnya bersama Curriculum Vitae (CV) dan surat lamaran kerja Anda.

Jangan Bertele-tele saat Menjelaskan

Sebaiknya Anda tidak curhat kepada pewawancara saat mendapatkan pertanyaan tentang masa menganggur. Karena hal tersebut malah akan memperburuk penilaian tentang Anda. Sampaikan saja penjelasan Anda secara singkat. Kalau Anda punya pengalaman magang atau pengalaman kerja lainnya sebelum menganggur, Anda bisa menceritakan hal tersebut. Apalagi bila Anda memiliki pencapaian gemilang saat berkarier sebagai anak magang atau karyawan.

Kesimpulannya, Anda wajib menjelaskan secara jujur tentang masa menganggur Anda. Kejujuran adalah landasan yang baik untuk memulai karier Anda. Meskipun Anda pernah menganggur, belum tentu hal tersebut mengurangi kualitas diri Anda di mata pewawancara. Tunjukkanlah bahwa Anda memiliki banyak kelebihan yang membuat Anda layak mendapatkan pekerjaan incaran tersebut. Selengkapnya, untuk informasi kartu pra kerja dapat anda cek di https://www.cekaja.com/info/mengenal-kartu-pra-kerja-janji-baru-joko-widodo/. Terimakasih.

Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *