Bulan Ramadhan Telah Usai, Kesehatan Tetap Perlu Dijaga

Bulan Ramadhan Telah Usai, Kesehatan Tetap Perlu Dijaga

Banyak orang yang mengalami kenaikan berat badan selama bulan puasa. Entah itu karena makan yang berlebih ketika berbuka, ditambah lagi dengan mengkonsumsi aneka makanan lebaran yang sangat menggoda. Selain kenaikan berat badan, tidak jarang juga lho yang justru mengalami penurunan berat badan. Kenaikan ataupun penurunan berat badan mungkin suatu hal yang biasa, tetapi bukankah akan lebih banyak bila kita bisa mempertahankan berat badan yang stabil?

Selain masalah berat badan, mengembalikan stamina dan kesehatan tubuh juga merupakan salah satu hal yang sangat penting. Menjalani aktivitas di luar rumah tanpa adanya asupan nutrisi dan cairan dengan jangka waktu lebih dari 8 jam terkadang membuat kita menjadi lemas dan cepat lelah. Nah, inilah yang wajib kita kembalikan seiring dengan usainya bulan puasa.

Mengembalikan Kesehatan Usai Puasa

1. Kembali Perbanyak Minum Air Putih

Air putih merupakan salah satu bentuk cairan yang sangat penting bagi setiap makhluk hidup, termasuk manusia. Banyak sekali manfaat yang dihasilkan dari air putih ini, seperti menjaga tubuh agar tetap sehat dan mencegah terjadinya dehidrasi. Selain itu, air putih juga dapat membantu untuk mengeluarkan berbagai zat berbahaya sekaligus melancarkan metabolisme tubuh. Selama berpuasa, kulit sering kali menjadi kering karena kurangnya asupan cairan, nah setelah bulan puasa usai, saatnya kamu mengembalikan cairan tubuh mu yang kurang dengan perbanyak minum air putih. Tubuh kembali bugar, berat badan kembali stabil.

2. Kembali Melakukan Rutinitas Olah Raga

Selama bulan puasa, mungkin rutinitas olah raga menjadi terlupakan. Mengingat bahwa kamu akan merasa haus dan lapar, maka kamu akan mencoba untuk menghindari aktivitas olah raga. Nah, inilah saatnya kamu kembali ke runitas olah raga untuk dapat mengembalikan kesehatan tubuh dan berat bada yang tidak stabil. Tidak perlu olah raga berat, lakukan saja olah raga ringan yang dilakukan secara konsisten, seperti lari pagi atau jogging. Kamu juga bisa kembali pergi ke gym selama seminggu sekali guna membakar lemak yang tertumpuk selama puasa.

3. Kembali Mengkonsumsi Sayuran dan Buah

Orang yang berpuasa biasanya akan menginginkan mengkonsumsi makanan-makanan enak untuk berbuka, mengingat bahwa kamu sudah tidak makan selama lebih dari 8 jam. Makanan enak biasanya identik pula dengan makanan yang kurang sehat, seperti junk food, makanan berminyak dan lainnya. Hal inilah yang menyebabkan perlunya untuk mengembalikan asupan nutrisi ketika sudah tidak berpuasa, yaitu kembali mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.

Selain sehat, memakan sayuran dan buahan juga dapat membantu dalam melancarkan proses pencernaan, sehingga dapat membantu pula dalam menurunkan berat badan. Selain itu, banyak orang pula yang percaya bahwa meminum jus hijau juga akan menjadi detoks dan membuat tubuh tetap sehat.

Selain melakukan kembali aktivitas-aktivitas yang telah disebutkan sebelumnya, mengajukan asuransi kesehatan juga tidak boleh terlupa. Hal tersebut dikarenakan, memang manjaga kesehatan itu penting, tetapi melakukan antisipasi juga tak kalah pentingnya. Memiliki asuransi kesehatan bukan berharap agar kita jatuh sakit dan sebagainya, tetapi lebih kepada sebagai antisipasi jika suatu hal terjadi kepada diri kita.

Tidak ada satu orang pun yang dapat memprediksi kapan suatu hal terjadi pada dirinya, dan hal inilah yang menjadi salah satu manfaat dari memiliki asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan dapat sangat membantu mu dalam meng-cover biaya rumah sakit dan pengobatan bila suatu hari kamu jatuh sakit. Bingung mengajukan asuransi kesehatan? Ya di CekAja.com saja!

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi https://www.cekaja.com/asuransi-kesehatan/

Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *