Cegah Mabuk Perjalanan Saat Mudik Dengan 7 Cara ini

Cegah Mabuk Perjalanan Saat Mudik Dengan 7 Cara ini

Sebagian masyarakat Indonesia memilih menjalankan mudik dengan moda transportasi umum, karena dikenal praktis, nyaman dan murah. Bicara soal biaya, ternyata banyak juga pemudik yang mengincar tiket gratis kereta api lebaran 2019 yang pendaftarannya hanya sampai 8 Mei 2019, dengan alasan untuk menghemat anggaran mudik. Terlebih, moda transportasi kereta api juga memiliki banyak fasilitas umum yang baik ketimbang transportasi lain, seperti ada toilet umum, televisi, AC, hingga colokan.

Namun, sebaik apapun fasilitas moda transportasi umum, sepertinya tidak akan berpengaruh besar bagi orang yang sering mabuk perjalanan. Pasalnya, perjalanan mudik pasti akan membutuhkan waktu lama dan jarak yang jauh, sehingga orang yang sering mabuk perjalanan sering merasa tak nyaman.

Nah, bagi Anda yang juga merasa sering mabuk perjalanan tapi tetap ingin mudik, berikut ada beberapa cara mencegah atau mengatasi mabuk perjalanan, yuk langsung saja disimak.

1. Perhatikan posisi tempat duduk

Bagi orang yang mabuk perjalanan, hal ini mungkin bisa membantu Anda untuk bisa merasa nyaman di dalam transportasi, yakni memperhatikan posisi duduk.

Anda bisa memilih tempat duduk yang dekat dengan jendela, agar Anda bisa melihat lingkungan di luar selain di dalam kereta yang hanya begitu-begitu saja. Anda juga bisa mengihirup udara segar dengan bebas. Tidak hanya itu, diusahakan Anda juga memilih tempat duduk yang menghadap searah dengan laju kereta.

2. Posisi tubuh saat duduk

Meski Anda tahu bahwa Anda adalah orang yang mudah mabuk perjalanan, usahakan Anda harus tetap rileks. Sandaran kursi kereta biasanya bisa diatur sesuai keingina, sehingga Anda bisa bersandar sesuai kenyamanan Anda.

Baca Juga: Hindari Makanan Sahur Ini Saat Perjalanan Mudik, Agar Puasa Tetap Lancar

3. Utamakan Sarapan / Sahur

sebelum melakukan perjalanan, disarankana Anda harus mengisi perut seperti sarapan, atau sahur. Sebab, jika perut dibiarkan kosong, maka asam lambung akan memproduksi asam yang berlebih dan akan mengakibatkan perut Anda mual hingga perih.

Saat sarapan atau sahur, disarankan untuk menyantap makanan yang rendah lemak dan tidak terlalu asam seperti jus. Sebaiknya Anda minum teh hangat atau air jahe untuk menghangatkan tubuh Anda selama perjalanan mudik.

4. Jangan membaca / main HP

Membaca dan fokus hanya ke satu benda, akan membuat perut Anda semakin mual. Seperti membaca buku yang harus fokus dengan tulisan serta menggunakan HP yang juga harus fokus ke layar.

Jika Anda sudah mulai bosan dengan perjalanan Anda dan mulai merasa pusing, mungkin mendengarkan lagu atau mengobrol bisa membantu mengatasi rasa mual Anda.

5. Udara cukup

Pastikan tempat Anda duduk mendapatkan aliran udara yang cukup. Karena, jika Anda kekurangan udara, pernafasan pun akan terganggu, sesak dan bisa menyebabkan mual dan muntah.

6. Tidur

Jika Anda sudah bingung untuk berkegiatan lagi karena jarak yang masih jauh. Anda bisa gunakan waktu perjalanan mudik Anda dengan tidur. Tidak hanya itu, posisikan tubuh Anda dengan posisi yang rileks dan nyaman. Atau jika perlu, Anda bisa membawa bantal leher atau bantal jenis lain sendiri untuk menemani tidur Anda.

7. Minum obat 

Cara berikut biasanya dilakukan anak-anak yang suka rewel dalam perjalanan jauh, apalagi menggunakan transportasi umum. Sebelum berangkat, Anda atau anak-anak bisa meminum obat anti mabuk perjalanan terlebih dahulu, atau jika susah karena bentuk dan rasa yang pahit, Anda juga bisa menggunakan obat luar seperti pakai minyak kayu putih, balsam atau koyo untuk menghangatkan badan dan mencegah pusing atau mabuk perjalanan.

Tips cegah mabuk perjalanan saat mudik di atas mungkin bisa membantu Anda untuk menciptakan perjalanan mudik yang aman dan nyaman. Namun, jika Anda sampai saat ini belum memiliki tiket kereta untuk mudik, Anda bisa mendaftarkan diri di program bagi-bagi tiket kereta api gratis yang digelar PT. KAI.

Untuk syarat, jadwal, rute dan cara pendaftarannya bisa Anda lihat di link https://www.cekaja.com/info/pt-kai-bagikan-2-500-tiket-mudik-gratis-cek-cara-dapetinnya-disini/, karena untuk jadwal pendaftarannya hanya sampai hari ini yaitu tanggal 8 Mei 2019 ya. Yuk buruan daftar, jangan sampai kehabisan!

Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *