Proses klaim asuransi kesehatan di Indonesia

Proses klaim asuransi kesehatan di Indonesia

Ada tiga sistem pembayaran klaim asuransi kesehatan yang bisa dilakukan, yaitu reimburse, cashless, dan santunan. Sistem reimburse adalah fasilitas klaim asuransi kesehatan dimana peserta asuransi harus membayar atau menanggung biaya yang dikeluarkan untuk pengobatan yang ada dari uang pribadi terlebih dahulu. Setelah itu biaya tersebut ditagihkan kepada perusahaan asuransi kesehatan dengan melampirkan kuitansi pembayaran yang diterima dari pihak rumah sakit untuk mendapatkan uang ganti yang sudah dikeluarkan. Selanjutnya sistem cashless merupakan proses dimana ketika akan melakukan pembayaran atas biaya yang dibebankan selama proses pengobatan cukup menunjukkan kartu peserta dari  perusahaan asuransi yang kalian ikut dan transaksi selesai. Selain efektif karena tidak perlu takut membawa uang dan efisien secara waktu. Setelah itu rumah sakit akan meneruskan tagihan tersebut ke perusahaan asuransi kesehatan yang bersangkutan. Namun, biasanya premi asuransi kesehatan dengan sistem cashless ini sedikit lebih mahal dibanding sistem reimburse. Cara pembayaran klaim asuransi yang terakhir adalah melalui sistem klaim santunan adalah dimana perusahaan asuransi indonesia akan memberikan santunan harian selama konsumen dirawat di rumah sakit. Besarnya santunan biasanya telah disepakati sebelumnya antara pihak konsumen dengan perusahaan asuransi.

Nah setelah mengetahu sistem pembayaran klaim asuransi, kita bahas yuk bagaimana syarat pengajuan klaim asuransi itu sendiri. Penasaran? Lets check it out

  • Program Rawat Inap

Salah satu syarat utama untuk mengajukan klaim adalah masa aktif premi, konsumen tidak dapat melakukan klaim apabila premi dalam keadaan tidak aktif kemudian harus memastikan bahwa telah melunasi seluruh cicilan premi. Selain itu, pastikan bahwa polis itu tidak pada masa tenggang atau terdapat pengecualian tertentu seperti jenis penyakit atau metode perawatan yang dikecualikan, terutama jika polisnya pernah mengalami lapse.

 

Sedang Memilih Kartu Kredit Yang Pas Untuk Anda? CekAja Disini

  • Program Rawat Jalan

Untuk program rawat jalan cara melakukannya adalah dengan mengisi formulir dengan menyertakan informasi yang lengkap dan benar, melengkapi dokumen persyaratan klaim seperti bukti pembayaran biaya perawatan dan tanda terima asli, laporan lengkap dari dokter asli, rincian biaya pengobatan dari dokter asli, biaya obat-obatan dan jasa yang diberikan. Setelah itu mengajukan klaim secepatnya karena terdapat masa kadaluwarsa bagi setiap perusahaan asuransi untuk menerima klaim konsumen. Hal ini juga membantu kerja sama antara pihak rumah sakit dan pihak asuransi untuk bertukar informasi.

Cara diatas merupakan cara menklaim asuransi kesehatan. Tapi semua balik lagi tergantung kepada pihak asuransi yang anda percaya. Yang terpenting adalah bagaimana konsumen mengetahui product knowledge perusahaan asuransi sebelum mencapai kata sepakat. Setelah mencapai kata sepakat maka harus memperhatikan isi perjanjian sebelum tanda tangan tanda setuju. Dengan memperhatikan perjanjian selama menggunakan jasa tersebut berarti konsumen setuju dengan nominal klaim yang telah ditetapkan. Mau informasi yang lebih menarik? Cek di CekAja.Com. Yuk sama-sama belajar.

Selengkapnya, mengenai informasi klaim asuransi kesehatan dapat anda lihat di url https://www.cekaja.com/asuransi-kesehatan. CekAja.com adalah salah satu produk . Cakupan kreditnya pun cukup luas hingga Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Kendaraan.
Melalui kemudahan pengajuan online, CekAja mampu memberikan banyak keunggulan, seperti proses kredit pinjaman dana tunai cepat, bunga rendah, cicilan ringan. Tentu saja prosesnya akan hemat waktu, hemat tenaga, serta hemat uang.

Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *