Yuk! Kenali Manfaat Asuransi Jiwa

Yuk! Kenali Manfaat Asuransi Jiwa

Pada umumnya masyarakat belum sepenuhnya paham mengenai pengertian asuransi jiwa. Padahal di zaman yang penuh ketidakpastian ini asuransi jiwa telah menjadi kebutuhan, khususnya bagi mereka yang menjadi tulang punggung keluarga. Contohnya, jika seorang kepala keluarga meninggal dunia sedang istrinya tidak bekerja, mungkin saja keluarga akan mengalami kesulitan keuangan setelah sang kepala keluarga meninggal dunia. Untuk menghindari hal ini, orang yang ditanggung asuransi akan mendapatkan sejumlah dana setelah dia meninggal dunia. Walau tidak sepenuhnya menghilangkan kesedihan akibat kehilangan, dana dari asuransi dapat menggantikan peran kepala keluarga sebagai pencari nafkah untuk beberapa saat.

Lalu apakah asuransi jiwa itu? Asuransi jiwa adalah pertanggungan kerugian finansial tidak terduga yang disebabkan oleh kematian terlalu cepat, atau hidup yang terlalu lama. Secara sederhana, asuransi jiwa adalah jaminan dalam bentuk sejumlah uang yang didapatkan oleh ahli waris pemegang polis jika kejadian tidak terduga seperti kematian terjadi pada pemegang polis atau yang tertanggung oleh asuransi.

Berikut adalah beberapa manfaat asuransi jiwa yang dapat dirasakan oleh orang yang ditanggung asuransi:

  1. Terlindungi dari kondisi yang tidak diinginkan, seperti kesulitan keuangan keluarga setelah meninggalnya orang yang tertanggung.
  2. Perlindungan aset. Sebagian besar asuransi jiwa menanggung biaya seperti pajak, biaya notaris, biaya peralihan nama dan lain-lain selama proses peralihan warisan.
  3. Penarikan. Saat ini asuransi jiwa dapat dikatakan sebagi aset, karena nilai uang yang terakumulasi dapat dicairkan dalam bentuk uang tunai dikemudian hari. Dana ini dapat digunakan oleh yang tertanggung untuk membiayai pendidikan anak, usaha, membayar hutang dan lain-lain.
  4. Mengurangi risiko beban hutang. Asuransi jiwa juga dapat melindungi ahli waris dari hutang-hutang yang dimiliki oleh yang tertanggung.
  5. Mengurangi risiko saat terjadi kecacatan. Jika yang tertanggung oleh asuransi mengalami kecacatan, hingga tidak memungkinkannya untuk bekerja, maka asuransi akan memberikan sejumlah dana yang bukan hanya digunakan untuk membantu keuangan keluarga, tapi juga membiayai pengobatan dari yang tertanggung.
  6. Nilai aset yang aman. Jika berinvestasi pada suatu perusahaan dalam bentuk saham atau reksa dana, Anda tentu akan dihadapkan pada kemungkinan kerugian maupun dana hilang. Hal ini dikarenakan, saat suatu perusahaan bangkrut, seluruh aset perusahaan akan dijual dan digunakan untuk membayar gaji karyawan, hutang dan jika ada sisa kemudian dibagikan kepada para pemegang saham. Namun, jika perusahaan tidak memiliki sisa uang dari penjualan aset, maka para pemegang saham harus rela kehilangan uang mereka.

Baca Juga: Kiat Sukses Memulai Bisnis Rumah Kos

Nah, itulah pengertian asuransi jiwa dan manfaat asuransi jiwa yang dapat dirasakan oleh pemegang polis asuransi atau yang tertanggung. Semoga dapat menambah wawasan Anda akan pentingnya memiliki asuransi dari sekarang. Untuk infomasi lebih lanjut seputar asuransi jiwa dan jenis asuransi lainnya, Anda dapat mengakses https://www.cekaja.com/info/mengenal-perbedaan-jenis-asuransi-untuk-proteksi-aset-dan-diri/

 

Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *