Yuk! Pelajari Secara Mudah Mengenai Polis, Premi dan Rider Asuransi Jiwa

Yuk! Pelajari Secara Mudah Mengenai Polis, Premi dan Rider Asuransi Jiwa

Kata ‘asuransi jiwa’ sendiri tentu sudah tidak asing bagi anda. Tapi tahukah anda apa itu asuransi jiwa? Apa itu premi asuransi jiwa? Polis dan rider? Sebagian besar masyarakat Indonesia masih bingung perbedaan dari istilah-istilah asuransi di atas. Karena pemahaman yang masih kurang ini, masyarakat kerap salah dalam penggunaan dan juga salah memahami perkataan agen/broker asuransi. Maka, sebelum anda membeli asuransi jiwa, mari pahami istilah-isitilah yang ada di dalamnya.

Pengertian Asuransi Jiwa, Polis, Premi dan Rider

Asuransi jiwa adalah salah satu produk asuransi yang  menanggung atas kerugian finansial yang mungkin terjadi akibat meninggal dunia terlalu dini dan hidup terlalu lama. Asuransi jiwa akan semakin efektif untuk mereka yang memiliki tanggungan seperti pasangan istri atau suami, anak, dan orang tua. Contoh, seorang suami meninggal dunia secara tiba-tiba akibat kecelakaan, dan meninggalkan seorang istri dan dua anaknya, sedangkan istrinya tidak bekerja, apakah keluarga akan mengalami kesulitan keuangan? Jawabannya bisa saja.

Di sinilah fungsi asuransi jiwa, yaitu memberikan jaminan berupa uang pertanggungan kepada keluarga yang ditinggalkan. Uang pertanggungan ini diharapkan dapat membantu keluarga menghindari kesulitan finansial, menjamin dana pendidikan untuk anak-anak, atau digunakan sebagai modal usaha untuk melanjutkan kehidupan. 

Premi adalah iuran yang dibayarkan oleh tertanggung sebagai kewajiban keikutsertaannya dalam asuransi. Timbal balik dari premi adalah perlindungan yang diberikan perusahaan sesuai dengan perjanjian di antara kedua belah pihak. Premi biasanya dapat dibayar per bulan, per kuartal, per semester, atau per tahun, sesuai jenis asuransi yang dipilih. Jika tidak ada klaim selama masa kontrak, premi yang telah terkumpul bisa anda cairkan dalam bentuk tunai di akhir kontrak, namun ini hanya berlaku bagi beberapa jenis asuransi. 

Temukan info pinjaman online terpercaya disini!

Polis adalah surat perjanjian antara orang yang ikut serta dalam asuransi dan perusahaan asuransi. Isi dari polis biasanya adalah poin-poin hak dan kewajiban kedua belah pihak, jumlah uang pertanggungan, jumlah premi yang harus dibayar, lama kontrak berlaku, serta kondisi yang ditanggung dan tidak ditanggung. 

Rider adalah asuransi tambahan yang biasanya menyeratai asuransi utama. Sifat dari rider sendiri tidak menempel, atau bisa ditambahkan dan bisa tidak sesuai dengan keinginan yang tertanggung, seperti asuransi kesehatan yang menyertai asuransi jiwa. Rider sebagai asuransi tambahan tentu saja memberikan manfaat lebih, namun manfaat lebih ini disertai dengan harga premi yang lebih besar. Beberapa proposal asuransi jiwa yang ditawarkan oleh agen sudah memasukkan rider di dalamnya. Maka anda tidak perlu terkejut apabila jumlah premi yang dibayarkan cukup besar. Mintalah agen untuk mengurangi rider yang anda rasa tidak perlu.

Bagaimana? apakah anda sudah paham? Memahami istilah-istilah asuransi di atas dapat membantu anda ketika anda memutuskan akan membeli asuransi karena premi, polis, serta rider adalah 3 hal yang harus anda perhatikan. Anda dapat mengunjungi https://www.cekaja.com/asuransi-jiwa, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang asuransi jiwa.  

 

Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *