Yuk! Simak Berbagai Jenis Asuransi yang Ada di Indonesia

Yuk! Simak Berbagai Jenis Asuransi yang Ada di Indonesia

Apa saja sih hal penting yang kamu ketahui tentang asuransi kesehatan? Pasti jawabannya bentuk investasi yang fokus pada kesehatan manusia dengan melakukan kewajiban membayar premi asuransi setiap bulan sampai masa jatuh tempo. Kita banyak yang tidak mengetahui informasi penting mengenai asuransi, program yang ditawarkan, keunggulan, kelemahan, jenis asuransi, dan kesiapan kondisi keuangan kita jika akan melakukan investasi melalui asuransi. Nah kali ini yuk kita bahas jenis asuransi kesehatan. Apa saja sih jenis asuransi kesehatan itu dan bagaimana fungsinya untuk memproteksi kesehatan kita dimasa depan? Yuk kita bahas bareng…

1. Kepemilikan

Di Indonesia lembaga dibagi menjadi dua yaitu milik negara dan milik swasta. Nah sama seperti perusahaan pada umumnya, asuransi juga digolongkan menjadi dua hal yang berbeda yaitu asuransi yang dikelola pemerintah dan asuransi yang dikelola swasta. Apa saja sih contohnya? Untuk asuransi yang dikelola pemerintah ada BPJS Kesehatan dan untuk swasta seperti Manulife, Allianz, AXA Mandiri, Prudensial dan lainnya.

2. Perawatan

Asuransi jika dilihat dari perawatannya dibagi menjadi dua hal yaitu rawat inap dan rawat jalan. Rawat inap berarti pasien harus opname di rumah sakit karena kondisi yang tidak memungkinkan untuk dilakukan perawatan di rumah. Nah jumlah yang dapat ditanggung asuransi terkait fasilitas kamar bergantung pada program dan premi yang telah disepakati dengan lembaga asuransi. Sedangkan rawat jalan berarti pasien melakukan perawatan secara berkala tanpa harus menginap di rumah sakit. Biasanya untuk jenis rawat jalan dilakukan untuk penderita yang mendapatkan penanganan operasi sehingga perlu melakukan pemeriksaan dan pemantauan berkala hingga kondisi tubuh sudah pulih seperti sedia kala.

3. Keanggotaan

Berdasarkan keanggotaannya, konsumen dibagi menjadi dua jenis yaitu diwajibkan dan sukarela. Asuransi kesehatan yang diwajibkan merupakan kebijakan perusahaan untuk memakai jasa asuransi  dan memberlakukan keikutsertaan sebagai anggota asuransi dengan mekanisme dipotong dari gaji. Berbeda dengan asuransi yang diwajibkan, ada asuransi yang dilakukan secara sukarela. Agen asuransi secara sukarela memilih lembaga asuransi untuk melakukan investasi atas dirinya tanpa ada pemaksaan dari pihak lain.

4. Klaim

Dilihat dari cara klaim asuransi, klaim asuransi dapat dilakukan melalui dua cara yaitu secara reimburse dan cashless. Cara reimburse ini berarti konsumen melakukan klaim atas biaya yang dibebankan rumah sakit kepada pihak asuransi setelah sebelumnya melakukan pembayaran terlebih dahulu. Cash less sendiri merupakan program inovasi yang sedang digalakkan oleh pihak asuransi. Dengan pembayaran secara cash less, konsumen dapat dengan mudah bertransaksi tanpa membawa banyak uang tunai ketika akan melakukan pembayaran. Namun kelemahannya, hanya konsumen dengan program tertentu saja yang dapat menggunakan fitur ini.

Beberapa hal tersebut merupakan jenis asuransi kesehatan yang ada di Indonesia. Kita harus menjadi investor yang cerdas dan tidak salah dalam melakukan sebuah tindakan. Oleh sebab itu jangan lupa cek https://www.cekaja.com/asuransi-kesehatan untuk informasi mengenai asuransi supaya tidak tersesat di kemudian hari. Selamat beraktivitas yaa

 

Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *